Tripod Libec | Core Media Indonesia

Salah satu komponen yang paling penting dari sebuah tripod adalah kepala. Ada beberapa jenis kepala tripod (tripod head) dan bisa saja membuat bingung tentang  kesesuaian terhadap penggunaannya. Akan sangat merepotkan apabila tripod yang dipilih justru mempersulit pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Berikut adalah ulasan sebagai perbandingan dari tripod heads yang populer, yaitu fluid head dari Libec dan ball head.

Ball Head

Tripod & Supports | Core Media Indonesia

Ball Head adalah kepala tripod yang paling populer untuk kebutuhan fotografi. Bola yang berputar memungkinkan Anda menempatkan kamera dengan cara apapun yang bisa dibayangkan, dengan sekrup pengunci memudahkan Anda mengunci posisi bola. Ini memberi Anda fleksibilitas paling baik dalam iinteraksi dengan kamera, namun sulit membuat penyesuaian kecil pada posisi tertentu.

Jenis kepala tripod ini termasuk yang mudah dan cepat digunakan atau disesuaikan. Pada umumnya,  biasanya memiliki sekrup untuk mengencangkan kepala untuk menahan kamera Anda tetap pada posisinya. Kesederhanaan desain ini memungkinkan Anda mengendalikan "intuitif" kamera Anda saat menempel pada tripod.

Namun dengan kurang akuratnya posisi kamera menjadikannya (mungkin) keluhan terbesar saat menggunakan Ball Head. Bila Anda mengendurkan sekrup, Anda tidak hanya menyesuaikan satu sudut atau bidang, kamera Anda harus menyesuaikan semuanya. Ini bisa sangat membuat frustrasi dalam genre fotografi di mana Anda menghabiskan banyak waktu untuk memastikan bahwa kamera Anda benar-benar sejajar.

Berdasarkan kualitas kepala yang Anda beli, desainnya membuat ada sedikit ruang untuk kepala bola menjadi kurang kokoh daripada jenis kepala tripod lain karena kamera akan bertumpu pada platform tripod yang digunakan.

Fluid Head

Libec Ball Head | Core Media Indonesia

Fluid Head adalah alat yang diperlukan untuk menangkap gambar sinematik, maka fluid head ini cocok digunakan untuk keperluan video. Sebuah kepala fluid untuk tripod menyediakan kamera dengan platform untuk pan halus dan miring. Cairan tertutup (sealed liquid) digunakanuntuk membuat miniature hydraulic damping system yang memungkinkan gerakan optimal dan konstan, salah satu produknya adalah Libec RS-450D Tripod System dengan Floor Spreader.

Kebanyakan fluid head bisa miring ke atas atau ke bawah setidaknya 75 derajat dan pan 360 derajat. Unit yang berkualitas memiliki kemiringan yang dapat disesuaikan dan hambatan ketahanan terhadap gerakan kontrol yang lebih baik. Fitur penting lain adalah kemampuan menyeimbangkan (counterbalanced capabilities). Ini memungkinkan Anda untuk memiringkan kepala tripod ke atas atau ke bawah dan kemudian melepaskannya tanpa perlu memiringkan lebih jauh.

Apapun adalah yang terbaik bagi Anda! Jika Anda memotret sesuatu dengan banyak gerakan atau cenderung menjadi handheld shooter yang ingin menghapus elemen goyangan kamera dari permainan fotografi Anda, maka disarankan untuk menggunakan Ball Head. Anda akan mendapatkan tingkat intuisi dan kemudahan kontrol sambil menikmati stabilitas tambahan tripod. Keduanya sangat tidak disarankan untuk pemotretan/perekaman dalam posisi tetap (still photography)

 

Segala keunggulan dan spesifikasi yang dimiliki brand Libec dapat Anda lihat di sini. Core Media Indonesia menyediakan segala kebutuhan audio, video, dan foto professional dari berbagai brand secara lengkap, terbaik dan berkualitas. Core Media Indonesia, the premium quality & authorized reseller of all video professional equipment.

Core Media Indonesia sebagai distributor seperti AJA Video Systems, Atomos, Audio Technica, Blackmagic Design, Canare, Hollyland, iKan, Lacie, Libec, Livestream, Magewell, Manfrotto, NewTek, Osprey Video, PTZOptics, Ross, SanDisk, Sony, Tangent, Teradek, TVlogic, vMix.